Tips Merawat Furniture Kayu

Sama seperti material bangunan lainnya, kayu sekarang mulai langka digantikan oleh material buatan lain yang lebih murah seperti plastik. Meski begitu, bukan berarti furniture kayu kehilangan penggemarnya. Hingga saat ini, kayu masih menjadi bahan favorit bagi orang-orang yang ingin menghadirkan nuansa klasik, tradisional, mewah maupun minimalis ke dalam perabotan rumahnya.

Sama seperti furniture lain, furniture custom kayu yang mahal dan kuat pun bisa terlihat kusam seiring dengan lamanya pemakaian. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mempertahankan atau setidakny amembuat perabotan kayu Anda jadi awet. Simak beberapa langkah berikut ini!

Bersihkan dan Poles Furniture Kayu Anda SecaraBerkala

Bersihkan Debu dari Permukaannya Setiap Hari (Sumber: xkare.net)

Membersihkan perabotan ini tidak harus dilakukan setiap hari. Cukup jadwalkan secara teratur kapan Anda harus melakukannya. Bagian-bagian sering digunakan mungkin butuh waktu lebih banyak untuk perawatannya. Bersihkan debu-debu dari permukaannya setiap kali Anda membereskan rumah. Selain untuk menjaga permukaannya tetap mengkilap, iniakan mencegah penumpukan yang bisa mengakibatkan furniture tampak kusam.

Menggunakan kain atau kemoceng mungkin akan menyingkirkan debu dari permukaan perabotan Anda, tapi membuat udara jadi kotor. Kain lap berbahan wol dengan lanolin atau kain terry yang sedikit lembab bisa membuat furniture Anda tampak bersinar tanpa harus mengotori udara di sekitar.

Beri Alas Kain pada Permukaannya

Jangan Biarkan Benda-benda Bersentuhan Langsung dengan Permukaannya (Sumber: williams-sonoma.com)

Meja kayu di ruang tamu cenderung rentan terhadap bekas air dari tatakan gelas. Untuk melindungi aset Anda, cobalah untuk melapisi permukaan yang sering digunakan dengan sehelai kain. Begitu juga dengan rak atau meja makan. Usahakan untuk tidak meletakkan apapun secara langsung di atasnya.

PerhatikanSuhu dan Kelembaban

Perhatikan Suhu dan Kelembaban di Tempat Anda Meletakkan Furniture (Sumber: homedit.com)

Suhu dan kelembaban yang terlalu tinggi berpotensi merusak perabotan kayu Anda. Jika Anda ingin menaruh sebuah meja kayu di ruang tamu yang cenderung lembab, tidak ada salahnya memasang humidifier atau dehumidifier. Hal ini sangat dianjurkan terutama untuk Anda yang tinggal di kawasan dengan perubahan suhu tinggi. Hindari meletakkan perabotan kayu Anda langsung di bawah sinar matahari karena itu bisa membuatnya cepat kusam.

JauhkanBahan Kimia

Jauhkan Perabotan Kayu Anda dari Bahan Kimia (Sumber: nucksiceman.com)

Beberapa bahan kimia sehari-hari seperti alkohol atau cairan penghapus kutek bisa tumpah dan merusak permukaan meja kayu Anda. Hindari meletakkan benda-benda semacamini di atas furniture custom Anda. Produk kebersihan seperti pemutih juga cenderung merusak permukaan kayu yang disentuhnya.

Poles Furniture Anda 6 Bulan Sekali

Poles Permukaan Furniture Anda 6 BulanSekali (Sumber: grow9digital.com)

Untuk mengembalikan kilau permukaan furniture Anda, Anda harus memoles setidaknya sekali dalam 6 bulan. Ada banyak cairan polish siap pakai di pasaran. Namun ada cara alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah sebagai berikut:

  • CampurkanĀ olive oil bersama cuka dengan perbandingan 4:1. Masukkan ke dalam botol penyemprot
  • Coba semprotkan terlebih dahulu kesebagian kecil saja dari furniture dan lihat bagaimana efeknya
  • Jika hasilnya bagus, ambilkainĀ microfiber, semprotkan larutan ke atasnya kemudian usapkan ke permukaan perabotan kayu Anda.

Dengan beberapa tips di atas, Anda tidak perlu cemas lagi untuk membeli perabotan kayu sebagai pelengkap dekorasi di dalam rumah. Shinyhomeee.com sebagai salah satu produsen aneka furniture Jakarta menyediakan beragam pilihan untuk Anda. Tempat tidur, lemari pakaian hingga sofa dibuat dengan kayu terbaik dengan desain Scandinavian yang dijaminakan mendongkrak tampilan estetika rumah Anda.


Related Posts